Otomotif: Cara Daftar Barcode Pertamina untuk Beli Solar Bersubsidi

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia otomotif, terutama yang menggunakan kendaraan bermesin diesel, pasti sudah tidak asing lagi dengan solar bersubsidi. Solar bersubsidi ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan solar non-subsidi. Namun, untuk membeli solar bersubsidi, Anda perlu menggunakan QR code atau barcode dari Pertamina. Berikut adalah cara daftar barcode Pertamina untuk beli solar bersubsidi.

Apa itu Barcode Pertamina?

Barcode Pertamina adalah kode batang yang dikeluarkan oleh Pertamina untuk memudahkan proses pembelian solar bersubsidi. Dengan menggunakan barcode ini, Anda tidak perlu lagi membawa surat keterangan atau dokumen lainnya saat membeli solar bersubsidi di SPBU Pertamina.

Cara Daftar Barcode Pertamina

Untuk mendaftar barcode Pertamina, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh Aplikasi MyPertamina

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi MyPertamina di smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

2. Daftar Akun MyPertamina

Setelah mengunduh aplikasi MyPertamina, Anda perlu mendaftar akun baru. Isi data diri Anda dengan lengkap dan benar, termasuk nomor telepon dan alamat email yang aktif.

3. Verifikasi Akun MyPertamina

Setelah mendaftar, Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS atau email. Masukkan kode verifikasi tersebut untuk mengaktifkan akun MyPertamina Anda.

4. Daftar Barcode Pertamina

Setelah akun MyPertamina Anda aktif, Anda dapat mendaftar barcode Pertamina dengan cara masuk ke menu “Barcode” di aplikasi MyPertamina. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Cara Menggunakan Barcode Pertamina

Setelah berhasil mendaftar barcode Pertamina, Anda dapat menggunakannya untuk membeli solar bersubsidi di SPBU Pertamina. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi MyPertamina

Buka aplikasi MyPertamina di smartphone Anda dan masuk ke menu “Barcode”.

2. Tunjukkan Barcode ke Petugas SPBU

Tunjukkan barcode Pertamina Anda ke petugas SPBU saat membeli solar bersubsidi. Petugas akan memindai barcode tersebut untuk memverifikasi pembelian Anda.

3. Lakukan Pembayaran

Setelah barcode dipindai, lakukan pembayaran sesuai dengan harga solar bersubsidi yang berlaku.

FAQ tentang Barcode Pertamina

1. Apakah barcode Pertamina hanya bisa digunakan untuk membeli solar bersubsidi?

Ya, barcode Pertamina hanya bisa digunakan untuk membeli solar bersubsidi di SPBU Pertamina.

2. Apakah saya perlu membawa dokumen lain saat membeli solar bersubsidi dengan barcode Pertamina?

Tidak, Anda tidak perlu membawa dokumen lain saat membeli solar bersubsidi dengan barcode Pertamina.

3. Bagaimana jika saya lupa membawa smartphone saat membeli solar bersubsidi?

Anda dapat menunjukkan kartu identitas Anda ke petugas SPBU untuk memverifikasi pembelian solar bersubsidi.

Kesimpulan

Barcode Pertamina merupakan solusi praktis untuk membeli solar bersubsidi di SPBU Pertamina. Dengan mendaftar barcode Pertamina, Anda tidak perlu lagi membawa dokumen lain saat membeli solar bersubsidi. Cukup tunjukkan barcode Pertamina Anda ke petugas SPBU dan lakukan pembayaran sesuai dengan harga yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *